Kontak Kami
081225700025

KREDIBILITAS

KREDIBILITASKredibilitas adalah pondasi kepemimpinan.
Seseorang pasti tidak akan merasa nyaman untuk mengikuti orang yang tidak punya kredibilitas. Pemimpin yang tidak benar benar percaya terhadap keputusannya sendiri, tidak menepati janjinya sendiri dan tidak yakin mengenai cara dia mengeksekusi kebijakannya sendiri.
 
Kredibilitas merupakan pondasi hubungan antara pemimpin dan pengikutnya. Hasil penelitian Kouzes & Posner yang dilalukan di 6 benua (2002) menyebutkan setidaknya ada 4 karakteristik utama pemimpin yang dikagumi dan berhasil :

1. Jujur : sering pula diistilahkan dengan integritas/karakter. Kejujuran merupakan sifat pribadi yang khas yang bisa meningkatkan atau menghancurkan reputasi seseorang. Kejujuran berkaitan dengan konsistensi seseorang terhadap prinsip, nilai dan etika. 

2. Berorientasi ke masa depan : sering juga disebut sebagai misi, mimpi, tujuan atau rencana. Para pemimpin harus tahu kemana mereka menuju jika mengharapkan orang lain bersedia bergabung bahkan berkorban bersama mereka dalam perjalanan bersama tim. 

3. Kompeten : mengacu pada prestasi/ track record dan kemampuannya menyelesaikan pekerjaan. Pengalaman bisa berupa partisipasi aktif, aktivitas fungsional dan akumulasi pengetahuan yang diperoleh dari partisipasi sebelumnya.

4. Mampu membangkitkan semangat : memimpin dengan emosi positif sangat penting terutama dalam.situasi yang penuh ketidakpastian agar orang orang tetap bersemnagat dan maju mencapai tujuan

618 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : outbound training, leadership training, training provider, outbound semarang, outbound jateng, outbound indonesia, pelatihan kepemimpinan, motivation training,

Kirim Pesan Anda