Kontak Kami
081225700025

12 TIPS RAFTING YANG HARUS KAMU LAKUKAN!

12 TIPS RAFTING YANG HARUS KAMU LAKUKAN!

Kamu tidak bersemangat lagi beraktivitas? Kamu merasa aktivitasmu membosankan, menjenuhkan? Hei! Kamu Cuma butuh refreshing! Coba kamu lakukan refreshing satu ini, dijamin badan dan pikiranmu segar kembali, semangatmu kembali lagi.  

Rafting! Buat kamu yang belum pernah merasakan rafting atau arung jeram, sempat berfikiran kegiatan ini sangat menakutkan. Sebenarnya  kalau kita mengetahui seluk beluknya, kegiatan ini tetap aman-aman saja. Buat yang sudah punya pengalaman arung jeram, hal-hal berikut juga sangat penting untuk dilakukan agar kamu lebih aman dan menyenangkan :

1.      Fit!

Point penting pertama saat kamu melakukan arung jeram adalah kamu harus sehat. Memiliki kondisi badan yang fit adalah modal utamamu. Hati-hati meski kamu memakai pelampung namun kamu tetap harus waspada Jika terbawa arus. Oleh karenanya, kamu harus fit untuk dapat bertahan diri dan mengikuti instruksi. Kemampuan berenang menjadi point plus kamu.

2.      Pakai Pakaian yang tepat

Pakai pakaian yang sesuai dengan kegiatan outdoor. Lepas semua perhiasan yang menempel pada badan. Jangan gunakan pakaian yang tebal dan sangat mudah menyerap air seperti jeans ataupun sweater. Pakai pakaian yang tidak mudah basah. Gunakan kaos biasa dan celana pendek atau legging. Jangan gunakan sandal jepit ataupun sepatu.

3.      Pakai atribut lengkap

Meskipun kamu jago berenang kamu tetap wajib memakai atribut rafting dengan lengkap. Kamu wajib memakai rampung pelampung yang pas dengna tubuh dan helm untuk melindungi kepala dari benturan. Kalau rmpi pelampung terasa kebesarn, tarik tali bagian samping dan sesuaikan dengna badan. Selain rompi, pakai helm yang juga pas/ sesuai dengan kepalamu. Jangan sampai helm yang kamu gunakan kebesaran ata talinya melebihi dagumu. Tapi helmmu juga jangan terlalu kekecilan karena dapat melukai dagu dan lehermu.

4.      Pemanasan

Saat kamu melakukan rafting maka hampir seluruh badanmu akan terguncang. Hal ini karena rafting merupakan aktivitas full impact. Maka kamu perlu untuk melakukan pemanasan ringan agar menghindari cidera. Pemanasan yang dapat kamu lakukan adalah dengan meregangkan otot kaki dengan menekuk dan meregangkan otot kaki kanana dan kiri secara bergantian. Kamu juga perlu melakukan pemanasan di bagian tengkuk/ leher. Kamu dapat menunduk, mendongak, menggeleng untuk merelaksasikan otot. Berikutnya adalah memutar engsel lengan kanan dan kiri. Pada pemanasan terakhir adalah lompat dan lari di tempat. Latihan-latihan tersebut penting dilakukan untuk menghindari ciera seperti kram dan keseleo.

5.      Pilih sungai sesuai kemampuanmu

Sebelum kamu melakukan kegiatan rafting kamu wajib browsing medan sungai yang akan kamu datangi sesuai dengan kemampuanmu. Buat kamu yang pemula, sungai level 3 sangat cocok buat kamu. Sungai tipe ini memiliki arus cukup besar, beriak, dan banyak bebatuan besar. Tidak terlalu sulit namun menantang bagi pemula. Sungai dengna grade 3 seperti Sungai Elo Magelang, Sungai Cikaso Sukabumi, dan Sundai Palayangan Bandung.

6.      Hindari makan dalam dengan jarak waktu dekat

Saat rafting seluruh badanmu akan terkoyak. Kondisi tersebut dapat memicu kamu mual dan muntah. Namun kamu tetap membutuhkan energi untuk tipe rafting. Maka, kamu harus makan maksimal 2-3 jam sebelum rafting. Beri jarak antara waktu makan dengan waktu melakukan rafting.

7.      Pilih Operator Rafting yang tepat dan Profesional!

Kamu harus pintar memilih jasa operator rafting yang tepat dan Profesional. Kamu bisa gunakan jasa OASE Indonesia Madani untuk memilih jasa yang Profesional yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang training indoor dan outbound.

8.      Posisi dan Gerakan

Saat di atas perahu baiknya kamu duduk di pinggir, bukan di tengah atau dasar. Hal tersebut untuk menjaga keseimbangan perahu. Meskipun dayung terlihat seperti papan datar, tetapi kalau kamu salah menggunakannya bisa celaka. Gunakan kekuatan tangan setiap memegang dayung. Saat kamu duduk di sisi kiri, genggam tongkat dayung pada bagian tengah. Namun jika kamu duduk di sbelah kanan, ganggam ujung dayung berbentuk T dengan gunakan telapak tangan.

9.      Lakukan ini saat jatuh

Bermain rafting namun tidak basah sangatlah tidak mungkin. Saat kamu jatuh dan tercebur ke dalam air, janganlah panik. Saat km di air, hadapkan tubuhmu berbaring di atas air. Biarkan tubuh mengikuti arus sungai jangan melawan arus. oemandu akan memberi pertolongan dengan segera.

10.  Tetap tenang biarpun perahu terbalik

Kondisi perahu terbalik bisa jadi kondisi biasa yang ditemukan saat rafting. Saat kejadiaan ini terjadi, kamu jangan panik, tetap tenang. Kondisi panik justru dapat membuat kita terbawa arus. Kondisi tenang membuat kita tetap mengapung di atas air.

Saat posisimu berada di bawah perahu, Ttetaplah tenang karena dibalik perahu ada celah udara dan kamu bisa bernafas. Kamu dapat melakukan upaya menyelam untuk menyelamatkan diri, namun tetap harus berhati-hati agar tidak terbentur dengan bebatuan.

11.  Aba-aba saat mengayuh dayung

ü  Maju: dayung dikayuh ke arah dalam agar perahu bisa maju

ü   Mundur: dayung dikayuh ke arah luar agar perahu bergerak mundur.

ü   Kanan maju, kiri mundur: peserta di sisi kanan gerakan dayung maju, sedangkan peserta di sisi kiri menggerakan dayung mundur.

ü  Kanan mundur, kiri maju: peserta di sisi kanan gerakan dayung ke belakang, sedangkan peserta di sebelah kiri gerakan dayung maju

ü   Stop: semua peserta berhenti mendayung lalu angkat tangan agar perahu tidak bergerak.

ü  Pindah kanan: Semua peserta di sisi kiri harus pindah posisi ke kanan

ü   Pindah kiri: Semua yang duduk di sisi kanan harus pindah ke kiri.

ü  Boom: semua peserta harus menundukan tubuh sambil mengangkat dayung, lalu pegang tepian perahu dengan erat karena ini menandakan kamu sedang menghadapi jeram dan harus segera dihindari.

12.  Fun tetap konsentrasi

Bersenang-senanglah saat diatas perahu. Bercanda, bersuka ria diperbolehkan, buat dirimu merasa refresh dan senang. Namun jangan sampai kita lengah dan mengabaikan faktor keselamatan. Tetap fokus dan waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi.

 

Bagaimana? Ilmunya sudah kamu dapatkan, tunggu apa lagi? Yuk buruan segarkan badan pikiran dengan Rafting! Kamu bisa hubungi kami sebagai trainer terbaikmu 081225700025 (kang Yana)
114 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : Outbound, Outbound Training, Rafting, Tips, Unik, Jitu, Oase Indonesia Madani,

Kirim Pesan Anda