Kontak Kami
081225700025

Tips Sukses Menjadi Orang Tua Yang Baik

Tips Sukses Menjadi Orang Tua Yang Baik
Sangatlah penting bagi para orang tua bahwa semua ajaran yang diberikan kepada anak-anaknya akan memotivasi diri anak secara alami dan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Ajaran-ajaran yang sudah diberikan oleh kedua orang tua juga akan membuat sang anak merasa diperhatikan dan sangat dicintai oleh kedua orang tuanya. Jika sang anak sudah mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tuanya, orang tua tidak perlu khawatir akan keterlibatan anak-anak mereka dengan kumpulan gang, drugs, dan kenakalan remaja lainnya. Berikut beberapa cara menjadi orang tua yang baik bagi anak:

1. Tunjukkan Kasih Sayang yang Tulus
Anak membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya, tetapi sayangnya dewasa ini banyak orang tua yang yang menyisihkan hal tersebut. Mereka lebih memilih sibuk dengan kerjaannya dan menyerahkan urusan anak pada pembantu atau perawat. Padahal untuk menjadi orang tua yang baik Anda harus mampu untuk menunjukkan kasih sayang yang tulus kepada anak. Selain itu, kasih sayang juga dapat menumbuhkan percaya diri anak.
2. Mengenal Lebih Dalam Pribadi Anak
Banyak orang tua yang salah dalam menilai pribadi anaknya, potensi diri anak di seni musik malahan orang tua menganggapnya pada seni lukis. Padahal ada pendapat bahwa terdapat ikatan batin antara anak dan orang tua, Anda seharusnya mampu memanfaatkan ikatan tersebut untuk mengenal pribadi anak lebih dalam lagi. Orang tua yang baik adalah mereka yang mengetahui pribadi anaknya dan bertindak sejalan dengan hal tersebut.
3. Mengontrol Emosi dengan Baik
Kita ketahui bahwa terkadang tingkah laku anak dapat menjengkelkan dan bisa menyulut amarah. Tapi jika Anda ingin menjadi orang tua yang baik, harusnya Anda dapat mengontrol emosi tersebut dan bukannya marah-marah kepada anak. Lagipula dengan kemarahan malah dapat menumbuhkan sifat kenakalan anak.
4. Pandai Dalam Berdalih Kepada Anak
Berdalih merupakan lanjutan dari mengontrol emosi diatas. Setelah Anda dapat mengontrol emosi dengan baik, tentunya sebgai orang tua harus mampu memberitahu anak tentang kelakuannya yang buruk. Tapi juga harus disertai siasat bukannya langsung ceplos saja, pandailah dalam berdalih. Misalnya katakan pada anak bahwa Anda akan memberinya hadiah jika ia berhenti melakukan hal tersebut.
5. Tahu Kapan Harus Bercanda, Kapan Harus Serius
Banyak orang tua yang ingin baik di mata anaknya salah dalam hal ini. Biasanya mereka terlalu berlebihan bercanda dengan anak sehingga ketika waktu menasehati anak, sang anak malah menganggapnya sebagai candaan. Seharusnya jika ingin menjadi orang tua yang tegas dan bijaksana, harus tahu kapan waktunya bercanda dan kapan waktunya untuk serius.
6. Ibu, Peranan Penting dalam Keluarga
Semua pasti setuju jika Ibu memegang peranan penting dalam keluarga. Selain memegang urusan rumah tangga, Ibu juga berperan dalam mendidik anak dan kehangatan keluarga. Itulah mengapa orang tua yang baik selalu memiliki peran Ibu yang baik dalam keluarga. Cara menjadi ibu yang baik dalam keluarga adalah dengan melakukan semua tugasnya dengan baik dan tidak lupa jua untuk menjadi jembatan komunikasi antara ayah dan anak.
7. Meminta Maaf
Tidak selalu anak yang membuat kesalahan terhadap orang tua, terkadang juga bisa terjadi sebaliknya yaitu orang tua membuat kesalahan terhadap anak. Ketika hal ini terjadi, biasanya orang tua akan merasa enggan untuk meminta maaf dan hal tersebut malah hanya membuat sulit memaafkan dan tidak menghargai Anda lagi. Bila Anda ingin menjadi orang tua yang baik, jadilah sebagai orang tua yang mampu meminta maaf kepada anak tanpa memperdulikan gengsi atau harga diri.
Itulah cara menjadi orang tua yang baik untuk anak. Jika Anda berhasil menerapkan hal diatas dan melakukannya secara rutin, maka Anda akan secara bertahap menjadi orang tua yang baik dan sempurna dimata anak.

16 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : tips menjadi orang tua yang baik, oaseindonesia, eosemarang, event organizer, party planner, talent mapping, tes minat bakat kerja,

Kirim Pesan Anda

OASE Company Profile
Lava Offroad Merapi - Indoor Training - Rafting
Leadership and Entrepreneurship Supercamp