Kontak Kami
081225700025

Pentingnya Tes Minat Bakat Bagi Pelajar

Pentingnya Tes Minat Bakat Bagi Pelajar
Hakekatnya minat (dan juga sikap) merupakan aspek penting dari kepribadian. Minat akan mempengaruhi prestasi pendidikan dan pekerjaan, hubungan antar pribadi, kesenangan yang didapat seseorang dari aktivitas waktu luang dan fase-fase utama lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Secara kognitif, minat dipandang berbeda oleh para ahli. Dengan demikian, untuk mengetahui minat seseorang digunakan instrument untuk mengukurnya. Interest inventory atau tes minat merupakan instrumen yang didesain untuk mengevaluasi minat atau preferensi seseorang terhadap berbagai bidang atau aktivitas. Sebagian besar inventori minat dirancang untuk menaksir minat individu terhadap bidang pekerjaan. Sejumlah inventori juga memberikan analisis minat dalam kurikulum pendidikan atau bidang studi, yang nantinya terkait dengan keputusan karier. Meskipun frekuensi penggunaan tes dalam konseling masih cukup stabil sejak tahun 1950-an, penggunaan tes minat telah relative meningkat dibandingkan tes kepribadian (Zytowski & Warman, 1982). Inventori yang belakangan dikembangkan atau direvisi mencerminkan perubahan dalam konseling karier. Salah satu perubahan ini berkaitan dengan meningkatnya penekanan pada eksplorasi-diri (self-exploration). Semakin banyak instrument memberikan kesempatan bagi individu untuk mempelajari hasil-hasil tes terinci dan menghubungkannya dengan informasi pekerjaan serta data lain tentang kualifikasi dan pengalaman pribadi. 
Tes minat dan juga bakat banyak dilakukan di dalam lingkungan sekolah, yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah alasan mengapa tes minat dan bakat itu penting untuk siswa siswi sekolah:

1. Mengembangkan bakat
Bukan tes minat dan bakat namanya kalau tidak mampu memberikan dinamika kepribadian dan juga minat bakat seseorang. Di sekolah biasanya terdapat suatu program ekstra kurikuler, dimana program ini ditujukan untuk mengembangkan dan mengasah bakat. Namun, banyak siswa siswi yang bingung akan ikut eskul apa di sekolahnya. Disinilah tes minat dan bakat memegang peranan pentingnya. Melalui tes minat dan juga bakat, maka akan terlihat kecenderungan siswa, dan bisa menjadi bahak pertimbangan rekomendasi kegiatan ekstra kurikuler yang cocok untuk siswa tersebut.

2. Membantu penjurusan 
Salah satu manfaat dari tes minat dan bakat di sekolah adalah membantu proses penjurusan siswa. Seperti misalnya apakah seseorang akan masuk ke IPA, IPS, atau jurusan lainnya yang tersedia di sekolah tersebut. Dengan tes minat dan bakat, maka akan terlihat secara umum seorang siswa memiliki peminatan ke arah mana, sehingga dapat lebih mudah untuk dikelompokkan dan dikembangkan.

3. Membangun masa depan
Siswa sekolah adalah generasi penerus bangsa, karena itu harus dibina dan juga dididik agar bisa menjadi penerus bangsa yang baik. Maka dari itu, masa depan juga harus dipersiapkan dari saat ini. Salah satunya adalah dengan pemberian tes minat dan juga bakat. Tes minat dan bakat ini dapat membantu siswa siswi untuk melihat kemampuan dan bakat yang mereka miliki. Nantinya hasil tes ini bisa menjadi acuan bagi mereka untuk memiliki perguruan tinggi dan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

4. Mengenal diri sendiri
Hal penting lainnya dari tes minat dan juga bakat yang diberikan kepada siswa siswi adalah membantu mereka untuk memahami dan mengenal dirinya sendiri. Terkadang banyak siswa siswi yang bahkan tidak tahu siapa dirinya, apa hobinya, dan apa yang menarik dari dirinya. Karena itu, tes minat dan bakat sangat penting, agar siswa dan siswi menjadi paham dan lebih mengenal diri mereka sendiri.

Itulah beberapa hal yang menunjukkan bahwa tes minat dan bakat adalah salah satu tes yang penting untuk dilakukan, terutama di lingkungan sekolah. Dengan mengadakan tes minat dan bakat, baik pihak sekolah, orangtua, bahkan siswa siswi itu sendiri akan memiliki pemahaman yang lebih baik dan juga mendalam mengenai minat dan juga bakat yang dimiliki.

19 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : pentingnya tes minat bakat untuk pelajar, oaseindonesia, eosemarang, event organizer, talent mapping, party planner,

Kirim Pesan Anda

OASE Company Profile
Lava Offroad Merapi - Indoor Training - Rafting
Leadership and Entrepreneurship Supercamp