Kontak Kami
081225700025

Kiat Membangun Hubungan Baik Dalam Perusahaan

Kiat Membangun Hubungan Baik Dalam Perusahaan
Salah satu tantangan dalam memulai usaha sendiri adalah kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri, perusahaan yang didalamnya memiliki hubungan yang harmonis cenderung lebih stabil dibandingkan dengan perusahaan yang tidak harmonis. Hubungan yang harmonis ini bisa antara pimpinan dan karyawan dan juga antar karyawan itu sendiri. Apa saja kiat untuk membuat hubungan yang harmonis di dalam perusahaan? Berikut Beberapa kiat yang harus kita terapkan:

1. Saling Menghargai dan Menghormati
Perusahaan yang menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati tentunya akan membuat hubungan dalam perusahaan itu menjadi baik. Sikap saling menghargai dan menghormati ini bisa tercermin dari mudahnya karyawan dalam memberikan aspirasinya, selain itu perlu juga saling menghargai dan menghormati peran karyawan dan pimpinan dalam perusahaan.

2. Keterbukaan
Anda tidak perlu membuka apa yang menjadi rahasia dapur anda kepada karyawan, yang dimaksud keterbukaan disini adalah karyawan dapat mengetahui perkembangan perusahaan sehingga karyawan tidak merasa ada yang ditutup-tutupi oleh perusahaan. Dengan terbuka kepada karyawan, maka karyawan dapat merasa nyaman dan tentunya mereka akan berjuang sekuat tenaganya untuk perusahaan.

3. Komunikasi yang Baik
Perusahaan yang sukses salah satu cirinya adalah dikenal oleh masyarakat umum. Tentunya perusahaan harus memiliki hubungan/komunikasi yang baik dengan media massa. Komunikasi eksternal tersebut bisa juga diaplikasikan di dalam perusahan, istilahnya adalah internal communication. Perusahaan dapat memberikan informasi terbaru pada karyawan melalui media seperti mading/majalah dinding, majalah perusahaan bahkan dengan mengirimkan email kepada karyawan.

4. Selalu menawarkan solusi
Jika Anda menemukan masalah dalam pekerjaan, sertakan juga solusi yang Anda tawarkan. Ungkapkan hal tersebut di rapat agar bisa ditanggapi oleh atasan dan rekan lainnya. Jujur saja, menganalisis masalah adalah hal yang tidak terlalu sulit. Namun, memberikan solusi adalah suatu hal yang bisa meningkatkan kredit Anda di mata atasan dan rekan kerja.

5. Jangan menyalahkan orang lain
Jangan menyalahkan rekan lain atas masalah yang terjadi di kantor. Jika melakukannya, artinya Anda mencari musuh di kantor, dan nantinya musuh ini akan menjungkalkan Anda dalam peningkatan karier. Lebih baik analisis masalah dan coba melihatnya dalam gambaran yang lebih besar. Mungkin Anda bisa melihat agar sistemnya dibenahi untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan karyawan.

6. Hati-hati menggunakan kalimat dan bahasa tubuh
Kalimat yang Anda katakan, juga bahasa tubuh yang Anda lakukan, akan selalu dicermati rekan yang lain. Karena itulah, berhati-hati saat melakukannya. Jangan menatap orang lain dengan pandangan rendah, berbicara kotor kepada rekan kerja, dan hal yang lain yang tidak menyenangkan, termasuk berteriak atau memaki rekan kerja atau bawahan Anda. Perkataan yang tajam biasanya akan begitu membekas pada pikiran dan ingatan seseorang, yang akhirnya memengaruhi anggapan dan tindakannya terhadap orang yang memakinya.

7. Peduli kepada rekan kerja
Jangan menafikan kehadiran atau keterlibatan rekan kerja atau bawahan Anda. Jika Anda seorang atasan, dan bawahan Anda mengeluh terhadap satu masalah kepada orang lain, bukan dengan Anda, berarti ada yang salah dengan sistem yang Anda buat. Untuk mengeliminasi masalah tersebut agar tidak berkembang ke luar, Anda harus peka terhadap masalah yang dialami bawahan. Intinya, bawahan harus mempercayai Anda agar tujuan kerja Anda dapat tercapai.

8. Jaga komitmen
Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, satu pekerjaan selalu berhubungan dengan pekerjaan yang lain. Karena itulah, jika Anda tak bisa bekerja dengan baik, tak mampu bekerja sesuai tenggat, maka hal ini akan memengaruhi kerja rekan lainnya.  Karena itulah, selalu patuhi komitmen yang telah disepakati bersama. Jika Anda tak mampu mematuhinya, pastikan rekan kerja yang lain mengetahui akibatnya, sekaligus membuat rencana baru untuk mengatasi masalah ini.

9. Hargai hasil kerja rekan kerja
Coba Anda ingat, seberapa sering Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan satu orang pun? Jika Anda seorang manajer, seberapa banyak ide Anda berkontribusi untuk membantu kerja staf Anda? Coba renungi dan Anda akan menyadari bahwa tanpa bantuan dari rekan kerja yang lain, Anda tak akan mampu menyelesaikan pekerjaan. Karena itulah, sediakan waktu untuk mengucapkan terima kasih atau memberikan penghargaan pada orang-orang yang membantu pekerjaan Anda.

10. Bantu rekan kerja
Bantu rekan kerja Anda agar mereka bisa mencapai hasil terbaiknya. Jika masing-masing memberikan kontribusi terbaiknya, hal ini akan berdampak positif bagi hasil kerja, lingkungan kerja, dan perusahaan secara keseluruhan.

Jika Anda sudah melakukan hal diatas, sudah pasti akan terjalin hubungan yang harmonis dalam perusahaan Anda.


15 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : Kiat Membangun Hubungan Baik Dalam Perusahaan, oaseindonesia, eosemarang, eventorganizer, party planner, talent mapping, tes minat bakat,

Kirim Pesan Anda

OASE Company Profile
Lava Offroad Merapi - Indoor Training - Rafting
Leadership and Entrepreneurship Supercamp