Kontak Kami
081225700025

Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi
Presentasi adalah pekerjaan yang sering kita lakukan baik disekolah, kampus, maupun saat bekerja dikantor, bahkan saat kita melakukan kegiatan yang mengharuskan kita presentasi. Saat presentasi mungkin kita akan mengalami grogi. Mungkin ada kalanya Anda berkata dengan terbata-bata, namun jangan terlalu cemas akan hal itu. Yang penting, Anda sudah menyampaikan setiap poin yang harus disampaikan kepada para hadirin dan membuat mereka membawa inspirasi baru dari presentasi Anda. Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan perasaan grogi saat melakukan presentasi.
1. Persiapan
Tidak ada presentasi yang lebih baik, dari sebuah presentasi yang dipersiapkan dengan baik. Persiapan tidak hanya untuk mengatasi grogi, tapi persiapan penting untuk  kesuksesan keseluruhan presentasi. Dengan persiapan Anda akan dapat mempersiapkan materi dan pendukung materi dengan baik. Dapat menemukan cara terbaik bagaimana menyampaikan pesan kepada audiens. Dan dengan persiapan Anda akan siap dan percaya diri.

2. Berpikir positif
jika anda grogi berpikirlah posistif, berpikirlah tenang, posisikan diri anda setara dengan audiens Anda. Jangan pernah merasa lebih tinggi atau lebih pintar. Dengan demikian perasaan Anda akan jauh lebih tenang.

3. Fokus
Saat berjalannya presentasi, ada kalanya terjadi gangguan dari luar yang membuat konsentrasi Anda buyar. Anda disarankan untuk tetap tenang dan fokus pada presentasi Anda. Tetaplah fokus pada materi presentasi yang Anda sampaikan.

4. Maksimalkan Bahasa Tubuh
Gunakan bahasa tubuh yang tepat untuk mengatasi rasa gugup Anda saat presentasi. Para hadirin juga akan memperhatikan bahasa tubuh yang kita gunakan. Lakukan perpindahan posisi namun jangan terlalu sering. Hal ini ditujukan agar pikiran Anda lebih nyaman.

5. Nikmati Presentasi Anda
Tidak perlu memaksakan diri untuk mengejar kesempurnaan. Mungkin ada kalanya Anda berkata dengan terbata-bata, namun jangan terlalu cemas akan hal itu. Yang penting, Anda sudah menyampaikan setiap poin yang harus disampaikan kepada para hadirin dan membuat mereka membawa inspirasi baru dari presentasi Anda.  


56 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : tips menghilangkan grogi, oaseindonesia, event organizer, eo semarang, party planner, talent mapping, inhouse training,

Kirim Pesan Anda