Please enable JS

Artikel



Assesment Talents Mapping : cara mudah dan efisien mengkonfirmasi bakat anda

Apakah anda merasa lebih mudah mengomentari  kelebihan orang lain dibandingkan mendeskripsikan bakat anda sendiri ? anda tidak sendiri, banyak orang yang masih merasa kesulitan menemukan apa yang menjadi bakat mereka.

Di sisi lain, anda sadar bahwa anda berbeda dari kakak atau adik anda, anda pun tak sama dengan teman-teman anda tapi anda sendiri kesulitan untuk mendeskripsikan sisi unik yang menjadi kekuatan diri anda.  Sebenarnya ada beberapa cara mengenali keunikan potensi diri, bisa dengan mengevaluasi portofolio anda selama ini, memeriksa kembali perasaan anda selama beraktivitas kemudian merenungkannya lalu mengkonfirmasikannya pada orang-orang di sekitar anda. Butuh bertahun-tahun untuk mengambil kesimpulan atas hal tersebut.

Kabar baiknya ada cara yang lebih mudah dan efisien untuk mengkonfirmasi bakat serta kekuatan diri anda melalui assesmen yang juga bisa dilakukan secara online, yaitu Talents Mapping. Talents Mapping merupakan cara asesmen atau menilai dan menggali bakat (karateristik produktif) dan potensi kekuatan kita dengan tampilan hasil yang lengkap, mudah dipahami dan menarik. Dengan assessment TM ini anda bukan hanya mendapatkan deskripsi yang lebih meyakinan mengenai bakat yang sifatnya keterampilan fisik (seperti menari, bercocok tanam, memelihara kecantikan, memelihara hewan, olahraga/ aktivitas fisik lainnya dan lain sebagainya) tapi juga mendapatkan daftar tentang bakat yang merupakan traits/ sifat-sifat produktif yang akan sangat membantu anda untuk lebih memahami kepribadian anda sendiri.  Gabungan dan pola dari bakat yang berupa sifat produktif itu akan membantu anda memetakan tipologi dominan serta kombinasi kekuatan anda sendiri, apakah anda termasuk tipe orang yang berbakat di area thinking, striving, influencing atau relating. Selain itu cara ini bisa mengidentifikasi potensi kekuatan individu yang mencakup pengukuran dan pernyataan kekuatan diri (Personal Strengths Statement) dan juga merekomendasikan personal branding anda pada bidang yang sesuai dengan strength typology anda.

Abah Rama Royani, selaku penemu talents Mapping ini menjelaskan bahwa Talents Mapping awalnya dibuat berdasarkan `34 Tema Bakat` Donald Cliffton dari Gallup. Setelah mengerjakan assemen Talents Mapping ini, anda akan mendapatkan urutan bakat anda dari yang terkuat hingga yang terlemah. Hasil assement ini bisa anda jadikan pertimbangan untuk mengoptimalkan kekuatan anda dan mawas diri terhadap kelemahan diri anda.  Dengan Talents Mapping ini, lanjut Abah Ramah, diharapkan orang tak lagi fokus dengan kelemahannya dan cara mengatasinya, melainkan lebih melihat kepada kekuatan di dalam diri masing-masing.  

Talents Mapping ini bukan hanya bisa digunakan dalam skala individual tapi juga kelompok atau organisasi, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hasil assemen Talents Mapping ini sangat baik jika digunakan untuk meningkatkan pemahaman terhadap diri sendiri. Dengan demikian anda bisa menggunakannya juga sebagai pertimbangan dalam melanjutkan studi, pengembangan diri,  karir bahkan juga juga rencana pengembangan diri berdasarkan bakat terbaik anda.

Hubungi kami di nomer 0815 755 88 555 56

 
Bagikan