Kontak Kami
081225700025

Talents Maping

Talents Maping

INI KUNCI KESUKSESAN SISWA ANDA!!


Ada berapa banyak siswa di sekolah anda? 

100? 200? 500? atau ribuan?

Berapa orang yang bisa anda kenali?

Semuanya anda kenali?

Kami tidak yakin anda mampu mengenali dengan baik semua siswa anda.

Mungkin hanya siswa yang menarik perhatian yang akan mudah dikenal, seperti yang paling pintar, paling nakal, paling cantik dan ganteng. Lalu bagimana nasib siswa yang biasa biasa saja?

Di acuhkan saja? yang penting sudah diberi jam pelajaran maka sudah cukup?


Mari kita lihat kembali apa fungsi sekolah yang sebenarnya.

Dalam bukunya Muhammad Ali (2009: 355) disebutkan bahwa fungsi sekolah antara lain adalah:

  • Memberi layanan kepada peserta didik agar mampu memperoleh pengetahuan atau kemampuan-kemampuan akademik yang dibutuhkan dalam kehidupan
  • Memberi layanan kepada peserta didik agar dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan
  • Memberi layanan kepada peserta didik agar dapat hidup bersama ataupun bekerja sama dengan orang lain
  • Memberi layanan kepada peserta didik agar dapat mewujudkan cita-cita atau mengaktualisasikan dirinya sendiri


Jika melihat fungsi sekolah diatas artinya semua komponen tenaga pendidik di sekolah tidak hanya sekedar menjalankan tupoksi berdasarkan kurikulum namun ada satu hal yang sangat penting yang harus dilakukan yakni MENGENALI DIRI SISWA.

Mengenali siswa disini bukan hanya sekedar tau namanya dan wajah siswa tersebut tapi lebih memahami sifat setiap siswa.


Kenapa harus mengenali diri siswa?

Menjadi seorang tenaga pendidik atau guru merupakan sebuah tugas yang tidak mudah, siswa di sekolah merupakan "anak sendiri" yang harus diberi perhatian penuh, di didik penuh dedikasi agar sukses dalam hidupnya. Maka seperti halnya mendidik anak kandung dirumah seorang guru harus sangat paham seperti apa siswa mereka, harus tau apa kelemahannya apa potensinya sampai apa bakatnya.


Lalu bagaimana mendeteksi potensi, kelemahan, dan bakat siswa?

Setiap siswa tentu memiliki sifat yang berbeda beda tidak semua bisa dipukul rata, jangan karena siswa ada dikelas unggulan maka dianggap semua siswa pasti pintar dan cepat paham, ingat bahwa setiap anak memiliki karakter sendiri sendiri.

Cara paling mudah mengenali potensi, kelemahan dan bakat siswa adalah dengan dekat dengan mereka, menciptakan hubungan yang baik dan nyaman sehingga siswa dapat dengan nyaman berbagi cerita, minta pendapat, atau berbagi masalah.

Namun jika di sekolah ada ratusan siswa tentu cara tersebut sangat melelahkan dimana harus mengajak bicara setiap siswa, sementara tugas utama guru yakni mengajar juga tidak boleh ditinggalkan.


Apa ada cara yang efisien untuk dapat mendeteksi potensi, kelemahan, dan bakat siswa?

Cara cepat untuk proses identifikasi adalah dengan melakukan sebuah tes, dimana didalam tes tersebut berisi pertanyaan pertanyaan yang berfungsi untuk memancing seperti apa diri siswa tersebut. Namun tes terseut juga tidak dapat dilakukan oleh orang biasa, harus dengan bantuan orang yang paham dengan ilmu identifikasi potensi diri.


Kok ribet dan susah ya?

Memang jika prosesnya dilakukan secara manual memang akan sangat lama dan susah, namun tenang di era perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini semua proses terebut dapat dibantu dengan teknologi. Bahkan sudah ada layanan yang siap digunakan


Apa nama layanan tersebut?

Kami menyebut layanan ini dengan nama TALENT MAPPING


Apa itu Talent Mapping?

Talents Mapping adalah metode digunakan untuk mengidentifikasi potensi kekuatan individu dengan didasari pada penemuan bakat. Penggabungannya dengan skill dan pengetahuan dapat mengidentifikasi dari mana dan bagaimana profil bakat yang dibutuhkan. ProgramTalents Mapping mencakup Pengukuran dan Pernyataan Kekuatan Diri (Personal Strengths Statement). 


Dengan metode ini setiap individu siswa dapat dengan jelas mengetahui siapa diri mereka, apa kekuatan dan kelemahan mereka serta bakat apa yang mereka miliki, hal ini dapat digunakan dalam berbagai hal dari mulai menentukan sekolah lanjutan seperti apa yang tepat untuk mereka, jurusan sekolah yang dapat mengoptimalkan kekuatan mereka, atau fakultas apa yang bisa mereka pilih.


Bagaimana jika ingin mengikuti tes Talent Mapping?

Oase Indonesia dan Teladan Indonesia merupakan lembaga yang berkompeten dalam bidang training dan pengembangan potensi diri

Dengan trainer profesional dan kompeten dibidangnya kami siap membantu sekolah menggali potensi terbaik siswanya.


Mimpi dan cita - cita setiap individu dibangun mulai dari bangku sekolah, maka bantu mereka belajar dan mengetahui potensi terbaik dalam diri mereka

CONTACT US :

Telp              (0293) 3217762

                     085290443340 / 081575885556

Email            yanaoase@gmail.com

Website        oaseindonesia.com / teladanindonesia.com