Please enable JS

Rafting

Rafting Adventure

Rafting atau arung jeram merupakan salah satu jenis kegiatan olahraga dengan mengarungi sungai berjeram menggunakan inflated raft (perahu rafting). Kegiatan tersebut termasuk salah satu olahraga ekstrim yang menantang dan berbahaya. Namun, tidak sedikit pula yang memanfaatkan kegiatan tersebut untuk refreshing dan rekreasi bersama rekan sejawat maupun keluarga.  
 
Oase Indonesia menyediakan paket arung  jeram mengarungi Sungai di Jawa Tengah dari level II hingga level V. Adapun pengarungan rafting di Jawa Tengah masih terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu untuk pemula dan wisata di Sungai Elo atau Sungai Progo Atas di Magelang. Sedangkan untuk tingkat lanjutan dan berpengalaman rafting dilakukan di Sungai Serayu, Wonosobo dan Sungai Progo Bawah, Magelang. 
 
Sungai Elo
Sungai Elo merupakan jeram-jeram kelas II-III yang cukup menantang dan menyenangkan dengan lama pengarungan lebih kurang 2,5 - 3 jam. Sungai Elo sangat cocok untuk pemula.
Lokasi Starting Point : Pare, Blondo, Mungkid, Magelang
Lokasi Finish Point : Candi Mendut, Magelang
 
Sungai Progo Atas
Sungai Progo Atas mempunyai jeram-jeram kelas III-IV selama kira-kira 2 jam
pengarungan. Sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata bersama
keluarga karena tingkat bahaya yang rendah.
Lokasi Starting Point : Perumahan Tuksongo-Cacaban-Magelang
Lokasi Finish Point : Jembatan Tembatan, Magelang
 
Sungai Serayu
Sungai serayu dengan panjang 25 km menyajikan petualangan jeram-jeram kelas III-IV selama kira-kira 4,5-5 jam pengarungan. Cocok bagi anda yang berjiwa petualang.
Lokasi Starting Point :Selomerto, Wonosobo
Lokasi Finish Point : Sengomerto, Banjarnegara
 
Sungai Progo Bawah
Sungai Progo Bawah menyajikan sebuah petualangan yang spektakuler dengan
jeram-jeram kelas III-V selama kira-kira 3,5-4 jam pengarungan sangat cocok bagi anda yang sudah mahir maupun profesional.
Lokasi Starting Point : Jembatan Klangon, DIY
Lokasi Finish Point : Ndekso, Kulon Progo, DIY
 
For Your Information, ada 7 Manfaat Rafting lho…
  1. Refreshing your mind and body
    Penelitian menyebutkan bahwa berada dalam suasana alami seperti sungai, pepohonan, gunung dan hutan akan membuat badan merasa lebih segar dan pikiran lebih tenang. Hal ini baik diterapkan terutama bagi anda yang sehari-hari disibukkan dengan pekerjaan.
  2. Team Work Mastery
    Menaklukkan arus liar sungai sampai menuju garis finish dengan selamat membutuhkan strategi kerjasama, komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen konflik tim anda juga akan mengalami langsung makna dari dukungan, pengorbanan, kesabaran, dan kegembiraan tim.
  3. Endorse Your Health
    Saat rafting anda akan banyak mendayung, hal ini akan melatih otot tangan dan kaki lebih kuat. Selain itu, udara sungai yang segar baik untuk kesehatan jantung anda. Ketahanan fisik anda dilatih dengan baik selama mengarungi sungai.
  4. Boost Self Esteem
    Mungkin awalnya anda khawatir akan ragu mencoba rafting. Ketika anda telah berada di air, berusaha sekuat upaya dan merasakan keseruannya hingga selesai maka anda akan merasa “yeah ternyata aku bisa”. Pengalaman bahwa anda bisa menaklukkan kekhawatiran dalam kepala anda adalah cara terbaik menaikkan keyakinan, perasaan bangga, dan percaya diri.
  5. Family Bonding
    Saat rafting adalah momentum untuk saling tertawa lepas bersama dan meningkatkan keakraban antaranggota tim dan lepas dari gadget untuk sementara waktu. Anda bisa bercerita di sepanjang sungai dan bekerjasama menyatu sebagai sebuah keluarga.
  6. Adrenalin Rush
    Pacuan adrenalin membuat anda lebih bersemangat, sehingga membuat anda semakin tertantang untuk menaklukkan masalah yang anda hadapi.
  7. Psychologycal Journey 
    Menyaksikan orang berusaha bangkit setelah jatuh tetap mendayung meski lelah dan sabar hingga finish akan memberikan pengalaman psikologis yang memperkaya jiwa untuk belajar tentang kegigihan, kesabaran, ketahanan , kerjasama, dan pengalaman berkesan lainnya.