Please enable JS

Training



TUMBUH

Program TUMBUH telah berlangsung sejak tahun 2014 hingga sekarang di Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Agung Semarang.  Program TUMBUH merupakan program pembelajaran dan peningkatan soft competencies bagi mahasiswa selama 6 semester. Tujuan program ini yaitu mempersiapkan mahasiswa yang berkompeten dalam menghadapi dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat.

TUMBUH merupakan akronim dari Terampil Untuk Menjadi Baik, Ulet dan Berhasil. Terampil mengasosiasikan bahwa ilmu yang didapat telah ditransfomasikan hingga pada tingkatan psikomotorik/perilaku bukan sekedar  pengetahuan. Baik mengasosiasikan semua karakter positif yang ingin dicapai dari program ini. Ulet menggambarkan Proses yang terus menerus dan upaya yang sungguh-sungguh dari semua pihak. Sedangkan Berhasil mencerminkan tercapainya tujuan.

Kompetensi yang diperlukan oleh mahasiswa yang hidup di era millenial memiliki kekhasan. Setidaknya ada 4 kompetensi umum yang menjadi target lulusan program TUMBUH ini, yaitu :

  1. Kompetensi personal
  2. Kompetensi sosial dan relasional
  1. Kompetensi organisasional
  2. Kompetensi yang terkait dengan keilmuan 

Kompetensi merupakan perpaduan antara TASK : Talent, Attitude, Skill dan Knowledge. Keempat komponen penyusun kompetensi ini harus dibekali pada peserta program agar mereka mampu mencapai kompetensi yang menjadi target program. Oleh karena itu, program TUMBUH dirancang bukan hanya menyediakan informasi dan pengetahuan secara outside-in, tetapi juga melibatkan proses inside-out yang memungkinkan peserta menemukan sendiri talentnya, termotivasi untuk memperbaiki attitude dan mencoba hal hal baru serta mempertajam skill dirinya.

 

Bagikan