Kontak Kami
081225700025

Faktor Penyebab Mahasiswa Salah Pilih Jurusan

Faktor Penyebab Mahasiswa Salah Pilih Jurusan
Bagi para siswa SMA dipastikan tidak jauh dengan perkara kuliah. Setelah lulus mau kuliah dimana, nanti mau pilih jurusan apa. Iya kan?

Jangan sampai terkena yang namanya salah jurusan.Bukan hanya ikut-ikutan. Kebayang gak jika berada ditempat yang gak kamu banget.

Tetapi faktor tersebut ada penyebab, penyebab utamanaya kenapa mahasiswa sering salah pilih jurusan. Sebelum terjerumus sebaiknya kamu pahami faktor atau penyebabnya.

1. Terlalu berfokus pada gengsi
Kebanyakan calon mahasiswa masih  mikir masa depanya dengan pikiran gensi. Kalau tidak kuliah dijurusan x nggak keren, kalau kulia dikampus Y nggak keren. Jangan gitu ya, nggak boleh kala kayak begitu.

Dalam memilih jurusan kuliah, haram banget hukumnya kalau hari gini kamu masih ngikutin gengsi. Nama almamater atau jurusan yang kamu elu-elukan itu nggak bakal ada artinya kalau kamu sendiri nggak bisa menjadi lulusan yang memiliki kualitas yang jempolan. Apalagi kalau kamu belajarnya juga asal-asalan, pengalaman studi kamu bakalan jadi hampa banget.
Makanya, mulai sekarang kurang-kurangin, deh pemikiran yang mengatas namakan gengsi seperti ini. Nggak ada alesan buat kamu milih jurusan sembarangan, asalkan kamu bisa kuliah di kampus keren—ataupun sebaliknya. Kalau sampai kamu nggak nyaman dengan jurusan yang kamu ambil, apakah rasa gengsi kamu bakal membantu?

2. Kurang riset
Jangan pernah sepelekan kekuatan riset dalam menentukan masa depan kamu. Soalnya, bisa jadi aliran informasi yang super dinamis dan selalu terbaharui yang ada di luar sana adalah jalan keluar kamu untuk menemukan jurusan kuliah yang tepat.Sebagai anak muda, jangan pernah merasa cepet puas dengan segala sesuatu.

3. Nggak menggali minat dan bakat sejak dini
Ini yang sering dilupakan oleh calon mahasiswa ketika memilih jurusan. Minat dan bakat sendiri aja masih ngawang. Sebelum masuk kuliah, sebaiknya karus tahu minat dan bakat, dan nggak bakalan memandang studi kamu sebagai beban.

Melainkan sebagai kegiatan yang membangkitkan semangat karena kamu bisa melakukan hal yang kamu senangi. Jadi, kamu akan merasa sangat enjoy ketika menjalani perkuliahan, sehingga jalan kamu pun akan jauh lebih lancar ketimbang kalau sampai jurusan yang dipilih nggak matching sama minat dan bakat—alias salah jurusan.

Mengenali minat dan bakat pun sebaiknya harus kamu lakukan sejak dini. Nggak gampang, lho, bisa mengenali diri sendiri dan memahami apa yang sebenarnya kamu sukai dan inginkan. Dengan memperbanyak mengeksplorasi berbagai kegiatan mana yang kamu senangi dan kuasai, kamu akan menemukan titik cerah jawaban kamu dengan lebih mudah.
Intinya, masa muda jangan disia-siakan, sob. Daripada kamu ngerjain hal-hal yang nggak berfaedah atau bahkan (amit-amit!) males-malesan, lebih baik kamu manfaatkan waktu luang kamu untuk mengenali diri dan mengasah kemampuan kamu agar nantinya nggak salah jurusan.


Tenang jika belum mengetahu kemampuan di potesi apa diri Anda dan ingin mengetahu apa potensi diri Anda sebenarnya . Ayo kenalin potensi dirin diri Anda dengan talent mapping.


562 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : Faktor Penyebab Mahasiswa Salah Pilih Jurusanoaseindonesia, eo semarang, event organizer, talent mapping, party planner, inhouse training , Event Organizer, EO, EO Outbound Semarang, Event organiser, Event Organizers, Event Organizing, Event Organization, Event Management, Event Planner Organizer, Event Organizer Indonesia, Jasa Event Organizer, Event Organizer Website, Event Organizer Semarang, Event Organizer Solo,Event Organizer Jogja, Party Planner Jogja, Bisnis Event Organizer, Perusahaan Event Organizer, Tes Minat dan Bakat, Tes Minat Bakat Kerja, Talent Mapping Test, Talent Mapping,

Kirim Pesan Anda