Kontak Kami
081225700025

Tips Bekerja Satu Tim Biar Nggak saling Merugikan

Tips Bekerja Satu Tim Biar Nggak saling Merugikan
Berkerja satu tim itu dimana pun ada ditempat magang, sekolah, kuliah bahkan berkerja. Tetapi ada banyak karakter yang berbeda-beda ada yang menyebalkan dan ada yang menyenangkan. Ada yang sok tahu, bawel, santai, mau kerja keras, ada juga yang diam saja. Nah kamu harus pandai-pandai dalam menyikapinya dari semua karakter tersebut biar nggak menugikan satu sama lain. 


1. Sepakati peraturan
Menurut penelitian, 60-80% interaksi sosial yang complicated adalah karena kita nggak menyepakati peraturan dengan jelas. Setiap anggota harus menyampaikan apa yang bisa ditoleransi dan apa yang nggak.

Buat peraturan bersama dan cara mengimplementasikannya. Misalnya, dalam sebuah kerja kelompok, kita sepakat bahwa belajar bersama bakal dimulai jam satu siang. Maka, buat konsekuensi alias hukuman bagi mereka yang datang terlambat. Dengan menyepakati peraturan di awal, kalian punya dasar yang kuat untuk terus belajar dan bekerja dalam sebuah kelompok.

2. Tingkatkan empati
Berusalah untuk selalu menempatkan diri kamu di posisi teman dan rekan kerja satu tim. Menurut penelitian, rata-rata tingkat mendengarkan manusia secara umum dalam sebuah interaksi hanya sebesar 25%. Makanya, kamu butuh usaha lebih keras buat memahami situasi orang lain. Dengan meningkatkan empati, kamu bakal tahu bagaimana menanggapi sebuah masalah.

Coba teknik mendengarkan kayak menjaga kotak mata, memperhatikan bahasa tubuh dan mempehatikan kalimat kesimpulan yang mereka sampaikan. Misalnya, jangan memotong pembicaraan atau asik sendiri dalam sebuah diskusi tim. Coba dengarkan orang yang lagi berbicara dan tunjukkan ketertarikan terhadap apa yang mereka sampaikan dengan tulus.

3. Sampaikan secara tegas dan berulang
Seringkali dalam sebuah tim, ada orang-orang yang seenaknya jalan sendirian. Nah, untuk menghindari hal ini, kamu bisa belajar menyampaikan hal dengan lebih tegas dan berulang. Buat kalimat yang mudah dimengerti dan pastikan mereka siap melakukan apa yang kamu maksudkan.

Minta mereka mengulangi apa yang baru kamu bicarakan untuk memastikan bahwa mereka bener-bener paham. Nggak masalah deh dibilang kaset rusak alias bawel, yang penting hasil kerjaan kalian memuaskan.

4. Fokus sama hal positif
Menurut Gallup Company, sebuah lembaga survey bisnis, dengan fokus pada hal positif seseorang bisa lebih mudah diajak kerjasama, lho. Hal ini bisa kamu terapkan jika terjadi kekacauan di tim kamu. Kalau kamu terus menerus menyerang sisi negatif seseorang, mereka justru bakal bersikap defense dan nggak makin malas berkontribusi.

Banyaklah berterima kasih sama yang teman dan rekan kerja kamu lakukan. Hal sekecil mencoba cara baru dalam mengeksekusi tugas bisa bikin mereka sangat dihargai. Hindari kalimat kayak Menurut gue, kayaknya lebih bagus begini deh!. Cobalah kalimat yang lebih menenangkan kayak Menurut gue, ini bisa kita tambahkan sedikit . Menurut lo gimana? Atau ada yang kurang dari gue?.

5. Rayakan kemenangan bersama
Menjaga tujuan dan mencetak goals bukan cuma tugas teman dan rekan kerja, tapi tugas kamu juga, gaes. Dengan berbuat yang terbaik bagi tim, tentu mereka akan melakukan hal yang sama.

Nggak cuma diskusi dalam tim, nongkrong di luar tim juga bikin hubungan emosianal lebih baik. Untuk setiap pencapaian kecil yang dilakukan bersama, kalian bisa merayakannya bersama.

350 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : Tips Bekerja Satu Tim Biar Nggak saling Merugikan, outbound Semarang, eo semarang, event organizer, talent mapping, party planner, inhouse training , event organizer, eo, eo outbound Semarang, event organiser, event organizers, event organizing, event organization, event management, event planner organizer,event organizer indonesia, jasa event organizer, event organizer website, event organizer semarang, event organizer solo, event organizer jogja, party planner jogja, bisnis event organizer, perusahaan event organizer, tes minat dan bakat, tes ninat bakat kerja, talent mapping test, talent mapping, eo jateng, mice, eo bimtek, eo outbound training, unilever bandung, family gatering, jakarta, indonesia, politik inlu pelayaran,

Kirim Pesan Anda