Kontak Kami
081225700025

Cara Mengasah Kemampuan Berdasarkan Sain dan Para Ilmuan

Cara Mengasah Kemampuan Berdasarkan Sain dan Para Ilmuan
Ilmu pengetahuan ternyata punya metode latihan yang bisa membuat kita lebih sempurna. Kita sudah mengenal jika kamu terus melatih kemampuan secara berulang-ulang makan akan terlihat hasilnya.  dan menurut K. Anderson seorang psikolog dibisang new science  berlatih berulang ulang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjadi seorang ahli.

Untuk itu kuncinya adalah latian yang santai tapi penuh perhitungan (deliberate practice). 

Apa, sih, deliberate practice itu?
Deliberate practice adalah bentuk latihan yang percaya bahwa setiap sesi latihan nggak bisa diciptakan secara sama. Mengulang sesuatu terus menerus emang bakal bikin kita terbiasa dengan hal tersebut tapi nggak lantas membuat kita berkembang.

Deliberate practice mengedepankan latihan dengan niat yang jelas sejak awal. Maka, kalau tujuannya jelas, perhitungan waktu dan langkah dalam sesi latihanpun bakal lebih kongkrit dan efektif. Kita latihan dengan goal yang jelas kapan kita akan berada di titik tertentu.
Untuk melatih deliberate practice, kamu bisa melakukan cara-cara berikut:

Nggak takut gagal
Dalam sebuah pidato kelulusan Universitas Harvard, penulis novel Harry Potter, J.K. Rowling’s bilang kegagalan sangat berkontribusi buat kesuksesannya. Kegagalan bikin Rowling mencari cara lain untuk mewujudkan mimpinya.

Hal ini juga didukung dengan penelitian New York Times yang bilang bahwa kebanyakan orang sukses berani mencoba berbagai cara you, dibanding terus-menerus mengulang yang jadi keahlian mereka.

Satu hal dalam satu waktu
Be patient with yourself. Self-growth is tender, its holy ground. There’s no greater investment. Stephen Covey (Author of The 7 Habits of Highly Effective People)

Jangan berlatih apapun sekaligus. Cobalah satu hal sampai bisa dalam satu waktu tertentu. Misalnya, kamu suka sekali menari. Maka kuasailah satu jenis tarian dalam jangka waktu yang udah kamu tentukan. Begitu sudah menguasainya, baru kamu bisa lanjut ke jenis tarian lain.

Buat rencana yang jelas. Misalnya, dalam satu atau dua sesi latihan kamu harus bisa menguasai gerakan dasar, dan seterusnya.

Berguru lah dengan orang yang tepat
Kalau kamu mencoba menjadi ahli di bidang tertentu, berlatih otodidak nggak ada salahnya. Tapi, akan lebih baik lagi kalau kamu berusaha untuk berguru ke orang yang tepat. Misalnya, kamu ingin menguasai bahasa Spanyol, kamu bisa aja sih belajar sendiri lewat kamus. Tapi cobalah menabung untuk menyewa guru les.

Mentor atau guru yang tepat akan membantu kamu supaya lebih fokus dan punya target yang terarah.

Set perkembangan yang pasti
Nggak masalah kalau kamu adalah tipe pembelajar yang lama alias butuh bersesi-sesi latihan cuma untuk menguasai suatu hal. Yang penting, hasilnya terukur. Misalnya, kalau kamu pengen menjadi atlet lari, nggak perlu ngoyo langsung bisa lari 10 kilometer dalam satu sesi latihan. Namun usahakan punya target tertentu kayak nafas kamu lebih panjang, kekuatan kaki kamu lebih baik dan seterusnya.

Kebiasaan untuk bikin goal yang spesifik (kalau bisa berupa angka) membantu kemampuan kamu berkembang secara sempurana.

281 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : Cara Mengasah Kemampuan Berdasarkan Sain dan Para Ilmuan, outbound Semarang, eo semarang, event organizer, talent mapping, party planner, inhouse training , event organizer, eo, eo outbound Semarang, event organiser, event organizers, event organizing, event organization, event management, event planner organizer,event organizer indonesia, jasa event organizer, event organizer website, event organizer semarang, event organizer solo, event organizer jogja, party planner jogja, bisnis event organizer, perusahaan event organizer, tes minat dan bakat, tes ninat bakat kerja, talent mapping test, talent mapping, eo jateng, mice, eo bimtek, eo outbound training, unilever bandung, family gatering, jakarta, indonesia, politik inlu pelayaran,

Kirim Pesan Anda