Kontak Kami
081225700025

Sering Merendah Diri? Ini Cara Menghentikan Negatif Biar Nggk Lama-lama Down

Sering Merendah Diri? Ini Cara Menghentikan Negatif Biar Nggk Lama-lama Down
Kalian pasti pernah ngrasa down, jadi nggak semangat nglakui apa aja. Perasaan down bisa datang kapan saja dan pastinya enggak enak banget. Nah berikut cara untuk menghentikan perasaan nagetif, siapa tahu kami bisa lebih positive thinking.

1. Stop Memamah-Biak Pikiran Negatif

Sebelum memulai, satu hal yang harus kamu tahu adalah bahwa memiliki pikiran negatif adalah hal yang normal. Yang membuat hal tersebut jadi sesuatu yang nggak normal adalah jika kamu terus-terusan memikirkanya—memamah-biak pikiran tersebut selayaknya sapi yang mengunyah makanannya berulang kali.

Hal ini dapat berpengaruh pada meningkatnya level kecemasan, depresi, dan perasaan tidak berdaya lho.

2. Ubah mindset

Coba deh untuk melihat sebuah pengalaman nggak enak yang menyebabkan kamu berpikir negatif, sebagai sesuatu perisitiwa nggak beruntung yang nggak akan mempengaruhi hidup kamu dalam jangka panjang. Dengan begini kamu jadi memiliki pendekatan yang lebih positif dalam melihat sebuah masalah.

3. Mencoba Defensive Pessimism

Tahu nggak, kalau memikirkan skenario terburuk dalam sebuah situasi ternyata bisa membantu kamu mengurangi pikiran negatif JIKA kamu bisa menemukan cara dan strategi yang bisa langsung kamu terapkan untuk menghadapinya.

Misal nih, sebentar lagi kamu ujian dan dengan membayangkan kemungkinan kamu bakal remedial, kamu jadi harus memikirkan juga apa yang bisa kamu lakukan agar hal itu nggak sampai terjadi. Mencoba metode dan teknik-teknik belajar baru yang lebih efektif, contohnya.

4. Belajar untuk membantah pikiran negatifmu

Kenali pikiran-pikiran negatif yang menghantuimu dan lihatlah hal tersebut seperti sesuatu yang dikatakan orang lain kepadamu. Jika sudah, coba pertimbangkan pertanyaan ini: Apakah seseorang yang peduli terhadapmu akan mengatakan hal tersebut kepada kamu?

Oiya, kamu juga bisa banget lho untuk memikirkan apa yang akan dikatakan oleh teman baikmu saat kamu lagi merasa down. Pastinya nggak mungkin hal-hal yang menyakiti hati kan?

4. Cari alternatif

Tantang pikiran negatifmu!

Yup, kamu nggak salah baca kok. Untuk mengurangi pikiran negatif, kamu harus berani menantang pikiran negatif kamu dengan memikirkan penjelasan alternatif tentang apa yang mungkin menyebabkan hal itu terjadi.

Misal, kamu merasa bahwa jeleknya nilai presentasi kelompokmu adalah karena kamu yang nggak maksimal dalam mengerjakan bagianmu. Nah, coba kamu tantang pikiran tersebut dengan memikirkan alternatif lain seperti kemungkinan bahwa jeleknya nilai tersebut adalah karena dosen atau gurumu sedang badmood ketika memberikan nilai kepadamu.

Nah, intinya, untuk melawan pikiran negatif adalah bukan dengan mendiamkan atau malah menekannya. Lagian nih ya, menurut banyak psikolog, mencoba tetap bahagia meski kamu sedang down, malah bisa bikin kamu semakin sedih lho! Kita kan hanya manusia biasa yang hidupnya nggak melulu penuh hal bahagia, so its always best to embrace your emotion and stay true to yourself.

303 Pembaca    |    0 Komentator
Share This :  
Tag : Sering Merendah Diri? Ini Cara Menghentikan Negatif Biar Nggk Lama-lama Down, outbound Semarang, eo semarang, event organizer, talent mapping, party planner, inhouse training , event organizer, eo, eo outbound Semarang, event organiser, event organizers, event organizing, event organization, event management, event planner organizer,event organizer indonesia, jasa event organizer, event organizer website, event organizer semarang, event organizer solo, event organizer jogja, party planner jogja, bisnis event organizer, perusahaan event organizer, tes minat dan bakat, tes ninat bakat kerja, talent mapping test, talent mapping, eo jateng, mice, eo bimtek, eo outbound training, unilever bandung, family gatering, jakarta, indonesia, politik inlu pelayaran,

Kirim Pesan Anda