Grit atau ketabahan adalah mengerjakan apa yang sangat Anda pedulikan sehingga Anda bersedia untuk tetap setia mendedikasikan diri untuk hal tersebut. Grit ditandai dengan dua hal utama, yaitu hasrat (passion) dan kegigihan (perseverance).

Passion atau hasrat di sini bukan berarti emosi yang intens atau keinginan yang menggebu-gebu,  tapi lebih pada konsistensi berkelanjutan. Pertanyaan yang tepat untuk mengecek apakah Anda memiliki hasrat terhadap sesuatu adalah “seberapa kukuh Anda memegang teguh tujuan setelah beberapa waktu berlalu? “ Hasrat menggambarkan kepedulian, pengabdian yang berkelanjutan dan bertahan lama.

Perseverance atau kegigihan adalah mengenai kesetian seseorang memperjuangkan cita-cita level puncak dalam hidupnya dalam waktu yang sangat panjang.

Kerja keras hanya bagian kecil dari Grit, selebihnya adalah cinta, kesetiaan, kegigihan, upaya untuk terus memikirkan jalan keluar/pemecahan masalah, dorongan untuk terus belajar, konsistensi berkelanjutan,  dan kesabaran melalui waktu yang panjang. Orang yang memiliki Grit tidak mudah baper (tersinggung), melemah apalagi menyerah dalam mencapai tujuan yang mereka tetapkan.

Grit

APA YANG BISA ANDA LAKUKAN UNTUK MENGEMBANGKAN GRIT?

  1. Develop fascination : orang yang memiliki minat, ketertarikan atau kepedulian mengenai sesuatu, tidak cuek/datar-datar saja. Ia memiliki hal yang membuatnya tertarik, bersemnagt, memiliki nilai luhur dan ketulusan terhadap sesuatu bidang/ topik bahasan.
  2. Know about your self : hasil penelitian longitudinal menyebutkan bahwa seseorang dengan kejelasan konsep diri lebih memiliki peluang untuk membangkitkan kegigihan selanjutnya untuk keterlibatan tujuan dalam hidupnya, membantu dirinya memaksimalkan waktu yang dimilikinya secara lebih bermakna.
  3. Daily improvement : orang yang melakukan kemajuan berarti setiap hari, meskipun sederhana namun dilakukan secara konsisten. “Tidak penting seberapa cepat atau lambat saya maju, tapi saya akan terus maju dan melakukan kemajuan”.
  4. Greater purpose : milikilah tujuan besar yang mulia yang bisa menggerakkan dan memotivasi diri Anda, selain tujuan jangka pendek dan menengah.
  5. Growth mindset : mental yang dinamis, open mind dan optimis sekaligus realistis dalam menilai sesuatu.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *