Banyak orang merasa penyakit demam panggung sebagai momok besar dan batu masalah yang akan mereka hadapi ketika melakukan presentasi atau public speaking di depan banyak orang. Faktor kurang percaya diri, kurang menguasai, penampilan kurang menarik dan lainnya dijadikan kambing hitam ketika orang tersebut jatuh dalam penyakit yang dinamakan demam panggung ini.

training sdm

Tidak ada masalah yang tidak ada solusi kan ya, dan tentunya pasti ada solusinya. Bagaimana sih cara mengatasi penyakit demam panggung ini?

tapi apakah penyakit demam panggung itu sebaiknya ada atau harus kita hilangkan ?

Ini solusi apa mengulik pertanyaan ya, kok memberikan solusi dengan pertanyaan. Gimana sih…

Penyakit demam panggung tidak harus sepenuhnya kita hilangkan, yang perlu kita perhatikan adalah bukan demam panggungnya, melainkan bagaimana sikap kita dalam menghadapi demam panggung tersebut.

training sdm

Di sini, tentunya kami akan beri beberapa sikap yang bisa kamu praktikan ketika kamu mengalami demam panggun. Sangat simpel, yuk kita simak :

  1. Atur Nafas

Mengatur nafas sangat bermanfaat sekali untuk membantu kita dalam mengontrol emosi. Membuat kita tetap tenang dan berpikir jernih.

Hal ini sangat penting bagi kita untuk bisa menjaga pikiran kita tetap tenang, dengan begitu perlahan demam panggung bisa kita atasi dengan sikap tersebut.

Eh tapi, kalau tetap masih merasa kurang tenang bagaimana ?

  1. Lakukan aktivitas yang membuat kamu tenang

Lakukan aktivitas apa saja yang membuat kaita tenang. Seperti kita melakukan peregangan tubuh, atau menelpon orang tua, atau yang lainnya. Intinya kita melakukan hal yang paling kita sukai sehingga akan berefek pada ketenang dalam diri kita.

Buat diri kamu tenang dan tentunya harus bisa merasa bahagia.

  1. Percaya diri

Setelah kamu merasa tenang, kamu harus dan wajib merasa percaya diri. Percaya diri tidak datang dengan sendirinya, perlu perjuangan dan kerja keras yang menghasilkan pengalaman yang berharga.

Bagaimana kalau kita sudah berusaha keras untuk percaya diri, tapi tetap aja masih ada keraguan dalam diri kita?

  1. Bercerminlah, dan katakan “Kamu Bisa”

Bercerminlah, ambil sesuatu untuk bisa melihat diri kamu sendiri. Menggunakan Hand Phone atau cermin kecil, dan lihat, pandangi terus wajah kamu.

Yakinkan ke diri kamu sendiri bahwa kamu bisa, kamu itu selalu bisa membuat sesuatu yang special. Selalu buat diri kamu percaya diri dengan keyakinan diri kamu sendiri.

  1. Buat skema materi yang lebih simple untuk bahan dipelajari sebelum tepat naik panggung

Kepercayaan diri yang bagus harus seimbang dengan materi yang akan kamu sampaikan. Buat skema yang sangat sangat simple dalam materi kamu. Lalu lihat lagi materi tersebut sebelum kamu naik panggung.

  1. Kurangi kafein

Kafein bisa menyebabkan detak jantung semakin cepat, perasaan was-was dan ragu akan menjadi efek jika kita mengkonsumsi kafein. Maka hal ini harus kita hindari sebelum kita naik panggung

            Nah itu saja, beberapa sikap dasar yang bisa kami bagi, semoga membantu yaa.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *