Lampung (21/9/2022)  –  Dalam upaya menyinergikan masyarakat dan dunia pendidikan dalam moderasi beragama, Balai Litbang Agama Jakarta menggelar seminar dan ekspos produk akademik yang bertempat di Universitas Raden Intan Lampung. Sebanyak 300 lebih peserta baik dari mahasiswa serta akademisi kampus UIN Raden Intan Lampung hadiri kegiatan pada hari pertama.

Acara dibuka dengan pembukaan oleh MC dari Oase Indonesia yang dibawakan  Yana Sukmaya, S.T. Peserta diajak bermain game Kahoot yang berisikan kuis secara daring. Tiga peserta yang memiliki skor tertinggi terpilih menjadi pemenang games Kahoot dan berhak mendapatkan hadiah dari panitia.

Kemudian acara dilanjutkan sambutan dari Kepala Balai Litbang Agama Jakarta, Samidi Khalim. Dalam sambutanya, Samidi memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih special kepada Rektor UIN Raden Intan Lampung karena demi terselenggaranya acara seminar dan ekspos pada tanggal 21-22 September, kegiatan wisuda di UIN Raden Intan Lampung diajukan agar tidak bentrok dengan acara ekspos di kampus tersebut.

“ Balai Litbang Agama di Indonesia ada 3, yaitu Balai Litbang Agama Jakarta, Balai litbang Agama Semarang serta Balai Litbang Agama Makassar. Balai Litbang Agama Jakarta sendiri memiliki wilayah kerja yakni 13 provinsi yang terdiri dari seluruh provinsi di Sumatera serta wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya”. ujar Samidi.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU oleh Kepala Balai Litbang Agama Jakarta Dr. Samidi Kalim, M.S.I., Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. H. Wan Jamaluddin Z., S.Ag., M.Ag., Ph.D., serta Komisi VIII DPR RI I Komang Koheri, S.E. serta jajarannya. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi seminar.

Sesi seminar hari pertama ini membahas tema tentang “ Deradikalisasi Pemahaman Agama di Sekolah Menengah Atas”. Seminar diisi oleh beberapa pembicara diantaranya Anggota Komisi VIII DPR RI I Komang Koheri, Penulis artikel di jurnal Penamas Imam Mustofa, Kepala Kanwil Kementerian Agama Lampung Puji Raharjo. Sesi seminar ini dimoderatori oleh  Sub Koordinator Kelembagaan dan Kerjasama UIN Raden Intan Lampung Anis Handayani, S.Ag., M.Sos.

Di acara ini, para peserta mendapatkan fasilitas snack, buku gratis, sertifikat, doorprize menarik. 150 peserta yang hadir pertama mendapatkan souvenir berupa tumblr minum.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *