Otak adalah bentuk fisik dari pikiran anda. Dia seperti raksasa yang sedang tidur – begitu besar, kolosal dan potensinya sungguh menakjubkan. Namun potensi ini acapkali terbengkalai, tidak aktif dan tidak bergerak, menunggu kapan digunakan. Padahal sebenarnya kita dapat memperoleh dan mengembangkan keterampilan, bakat, kekuatan dan kemampuan melebihi apa yang kita harapkan saat ini.

Ada penelitian ilmiah di bidang fisika, biokimia dan psikologi telah memusatkan perhatian pada kedalaman kemampuan pikiran yang misterius dalam proses pemahaman yang lebih mendalam tentang otak manusia, pikiran dalam wujud ‘fisik’. Studi dalam bidang ini mulai mengungkap kenyataan bahwa potensi laten otak manusia jauh lebih besar daripada yang pernah dibayangkan.

training sdm

Sesungguhnya otak kita yang berfungsi seperti super computer, dia mempunyai kemampuan dan kapasitas visual, audio, matematis, analitis dan psikis yang mengagumkan; dan ini ditunjang oleh berjuta-juta sel otak yang bereaksi satu sama lain dengan cara yang sampai sekarang belum diketahui oleh para ilmuwan. Yang diketahui adalah tidak adanya batas kemampuan dan daya cipta otak. Seseorang dapat menjadi kreatif dan imajinatif atau menjadi deduktif, analitis dan instingtif sesuia keinginannya.

pelatihan SDM

Otak tidak pernah membatasi diri, dia bekerja sesuai keinginan kita dan berfungsi sesuai perintah kita. Otak merupakan perangkat keras yang digunakan oleh pikiran untuk membentuk sikap, perasaan, persepsi, harapan dan hasil akhir yang diinginkan. Dia merupakan abdi yang setia dan sangat penurut. Nah, dengan memahami ini semua, maka kita akan mulai membebaskan diri dari batasan-batasan yang menghalangi pencapaian diri dan kemampuan. Jelajahilah batas-batas pikiran dan mulailah mempelajari kenyataan tentang otak kita. Hal ini akan memberikan rasa percaya diri dan keyakinan untuk melangkah lebih jauh dalam menggapai kesuksesan. Dari sini barulah kita sadar betapa kecemerlangan dan keberhasilan dapat diraih oleh setiap orang.

[sumber: Nesthan, Elfariz. Berguru Sukses Pada Para Motivator Dunia. 2011]
pelatihan SDM

Dalam perspektif Islam, otak adalah salah satu komponen berfikir manusia. Komponen berfikir lainnya adalah adanya fakta yang terindera, panca indera dan informasi yang didapat sebelumnya. Keempat komponen ini diproses oleh potensi yang Allah berikan hanya untuk manusia. Potensi ini adalah akal. Dari semua makhluk yang Allah ciptakan hanya manusia yang Allah bekali dengan akal, inilah yang membedakan manusia dengan makhluk Allah yang lain. Dengan akal manusia dapat memaksimalkan fungsi otak.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *