Potensi pegawai yang tidak sesuai dengan tugas kerja menjadi salah satu hal yang menyebabkan kinerja individu tidak maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya pemetaan potensi dan bakat dari setiap individu agar mampu menempatkan individu ke dalam Right Man In The Right Place. Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Oase Indonesia untuk memetakan potensi pegawai. Sebanyak 147 pegawai Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan menjalani tes Talents Mapping bersama dengan Oase Indonesia.

Talents Mapping ini sendiri ditujukan untuk mengenali setiap bakat individu dan poensi kekuatan diri. Tes Talents Mapping dilaksanakan secara online di Gedung Cipta Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan dengan protokol kesehatan yang ketat mulai dari handsanitizer, masker dan laptop pribadi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yang terdiri dari empat sesi yaitu sesi pagi dan siang untuk meminimalisir kerumunan dan penyebaran Covid 19.

Asesmen Talent Mapping ini memiliki beberapa manfaat, yaitu :

Manfaat untuk individu

  1. Mengenali bakat dan potensi kekuatan diri
  2. Counceling, coaching, feedback
  3. Memahami cara mempersiapkan karir, pendidikan, dan parenting

Manfaat untuk organisasi

  1. Asesmen yang fleksibel dapat dilakukan secara online
  2. Hasil asesmen dapat berupa soft file, disajikan manual per individu ataupun berupa software aplikasi untuk organisai
  3. Software atau aplikasi dapat digunakan sesuai kebutuhan organisasi atau user
  4. Memotivasi karyawan dalam mengembangkan kekuatannya
  5. Snapshot kelompok atau organisasi
  6. Meningkatkan kerjasama kelompok (Team Building)
  7. Profil karyawan dan pemetaan potensi karyawan
  8. Seleksi, mutasi atau positioning karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik jabatan
  9. Pemberdayaan karyawan yang akan memasuki usia pensiun
  10. Menjadi bahan utama untuk Performance Management System

Tim Lembaga Pelatihan Psikologi Terapan Oase Indonesia Madani berharap kegiatan ini memaksimalkan kinerja dan potensi pegawai Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan.

Oase Indonesia Madani merupakan event organizer yang melayani jasa outbound training Semarang dan sekitarnya, edu travel, talents mapping, family gathering, corporate gathering, rafting adventure, outbound for kids, bimbingan teknis untuk dinas dan kementerian dan berbagai in house training seperti aktivasi hati, the greatness training. Tentu dengan traininer outbound yang bersertifikat BNSP dan para trainer in house training yang berpengalaman pada bidangnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *