Rafting atau Arung jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram, dengan menggunakan wahana tertentu. Wahana ini yang membedakannya, ada yang menggunakan pelampung ban dan ada yang menggunakan perahu karet. Satu perahu biasa diisi 5 sampai dengan 7 orang sudah termasuk river guide.

Prosedur yang perlu dipatuhi saat melakukan rafting disampaikan saat briefing dan pemanasan. Peserta yang sudah mengenakan pakain rafting lengkap melakukan gerakan-gerakan stretching ringan. Tes yang paling penting dilakukan adalah Tes Vanderlay dilakukan dengan cara melakukan gerakan jongkok berdiri sebanyak 10 kali kemudian menahan nafas selama 12 detik. Apabila setelah menahan nafas selama 12 detik tidak merasakan pusing maka dinyatakan layak untuk melakukan olah raga rafting atau arung jeram. Oase Indonesia Madani sebagai Lembaga Pelatihan dan Psikologi Terapan dan Jasa Outbound sangat memperhatikan prosedur dan keselamatan kliennya.

outbound dan rafting

Lalu sebenarnya apa manfaat Rafting?

  1. Merefresh Pikiran dan Tubuh

Menurut penelitian  berada dalam suasana alam seperti sungai, pepohonan dan pegunungan akan membuat tubuh merasa lebih segar dan pikiran lebih tenang. Hal ini baik diterapkan terutama bagi Anda yang sehari-hari disibukkan dengan pekerjaan.

  1. Meningkatkan Kerjasama Tim

Menaklukkan arus sungai menuju finish dengan selamat membutuhkan strategi kerjasama, komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen konflik tim. Selain itu aka nada dukungan, pengorbanan, kesabaran, dan kegembiraan yang dirasakan.

  1. Kesehatan Tubuh Bertambah

Saat rafting akan banyak mendayung, hal ini akan melatih otot tangan dan kaki menjadi lebih kuat. Selain itu, udara sungai yang segar baik untuk kesehatan jantung. Ketahanan fisik akan dilatih dengan baik selama mengarungi sungai.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kekhawatiran dan ragu akan mencoba rafting biasanyanya muncul. Saat sudah berada di air biasanya akan berupaya dan merasakan keseruan hingga selesai. Pengalaman  saat bisa menaklukkan kekhawatiran adalah cara terbaik menaikkan keyakinan, perasaaan bangga dan percaya diri akan muncul.

  1. Ikatan Kekeluargaan

Rafting merupakan momen yang baik untuk saling melapas tawa bersama dan meningkatkan keakraban antar anggota tim dan merupakan quality time dan lepas dari gadget untuk sementara waktu. Saling bercengkerama dengan keluarga juga dapat dilakukan selama perjalanan menyusuri sungai.

  1. Meningkatkan Adrenalin

Naiknya adrenalin akan membuat semakin semangat, sehingga membuat semakin tertantang untuk menaklukkan masalah yang dihadapi di depan.

  1. Pengalaman Psikologi

Melihat orang berusaha bangkit setelah jatuh tetap melanjutkan mendayung, meski lelah dan terus bersabar hingga sampai finish akan memberikan pengalaman psikologi. Juga akan memperkaya jiwa untuk belajar tentang kegigihan, kesabaran, ketahanan, kerjasama, dan pengalaman berkesan lainnya.

Dan yang utama didapatkan saat rafting adalah mengagumi alam sebagai ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mengingatkan manusia bahwa Allah Yang Maha Besar yang menciptakan alam semesta, manusia dan kehidupan. Dan semua yang Allah ciptakan adalah bentuk kekuasaannya dengan mengatur segala sesuatu di muka bumi ini.

Jasa Outbound Semarang Oase Indonesia Madani merupakan event organizer yang melayani jasa outbound training Semarang dan sekitarnya, edu travel, talents mapping, family gathering, corporate gathering, rafting adventure, outbound for kids, bimbingan teknis untuk dinas dan kementerian.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *