Seminar Inspiratif untuk Guru PAUD Bersama LPPM Undip

Solo (27/4/2024), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dasar perkembangan anak. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, LPPM Undip dengan bangga mengadakan Seminar dan Praktek Lapangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini untuk Guru Paud di Sekitar Kampus Undip Tembalang. Acara diselenggarakan di Hotel Grand Mercure Solo Baru. LPPM Undip bekerja sama dengan LPPT OASE Indonesia (Event Organizer) sebagai pelaksana dalam acara tersebut. Acara seminar dihadiri oleh 200 peserta.

Sambutan dan pembukaan acara secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr, Yos Johan Utama, S.H., M.Hum “Saya sebagai Rektor Undip, dengan bangga dan senang dapat menyambut Anda semua di acara ini. Hari ini, kita berkumpul bukan hanya sebagai guru-guru PAUD, tetapi sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan anak usia dini.” ujarnya.

Beliau menambahkan dalam sambutannya, “Peran kita sebagai pendidik sangatlah penting, karena kita memiliki kekuatan untuk membentuk karakter, bakat, dan kemampuan anak-anak kita sejak dini. Melalui seminar ini, kita memiliki kesempatan untuk memperluas wawasan, bertukar pengalaman, dan memperdalam pengetahuan tentang metode dan strategi terbaik dalam mengajar anak usia dini. Para pembicara yang sangat berkompeten telah siap untuk berbagi ilmu dan pengalaman mereka, dan saya yakin kita semua akan pulang dengan bekal pengetahuan baru yang sangat berharga”.

Acara dilanjutkan dengan Seminar dan Praktek Lapangan untuk Guru PAUD. Seminar ini akan menghadirkan narasumber-narasumber ahli di bidang pendidikan anak usia dini untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam mengasuh dan mengajar anak usia dini. Para peserta akan mendapatkan wawasan baru, strategi pengajaran yang efektif, serta inspirasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan mereka.

seminar paud undip

Narasumber pertama yakni Dr. Eko Setiawan, S.Pd.I., M.Pd. dari Universitas Islam Malang yang membawakan materi berjudul Cara Guru Merebut Hati Murid. Beliau menyampaikan, “Cara ampuh merebut hati murid yakni dengan jurus AMPUH. jurus AMPUH yakni menunjukan sikap asertif, menghargai, pandai membina hubungan baik, memberikan usaha yang optimal dan menghindari ancaman dan kekerasan.”

Beliau menambahkan, “Dengan menggunakan cara AMPUH, manfaat yang ibu-ibu dapatkan adalah dapat menjadi pribadi yang asertif (tegas dan berwibawa), dihargai anak didik, rekan sejawat, orang tua dan masyarakat, memiliki relasi ujtuk pengembangan diri, memiliki kebiasaan efektif dan berpikiran maju, dan memiliki kepedulian dan mencintai profesi sebagai pendidik.”

seminar paud undip

Narasumber kedua yakni Dra. Darosy Endah Hyoscyamina, M.Pd dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang membawakan materi berjudul Didiklah dengan Cinta dan Contoh. Beliau menyampaikan, “Anak ibarat samudera yang didalamnya terdapat mutiara-mutiara. Orang tua & guru adalah penyelam ulung yang harus menyelami anak lebih dalam agar bisa menemukan mutiara-mutiara yang dipunyai oleh setiap anak-anaknya.”

Beliau menambahkan, “Bimbing anak agar senang dalam amal sholih dengan senyum, salam, sapa, Beri rasa kebahagaian bukan ketakutan dan ancaman, Pembiasaan akhlak mulia, tolong, terimakasih, maaf, permisi.”

seminar paud undip

Acara seminar ini mengundang seluruh perwakilan guru PAUD di sekitar kampus Undip Tembalang dan pihak-pihak terkait untuk bergabung dalam acara ini. Dengan bersama-sama meningkatkan profesionalisme dalam pendidikan anak usia dini, kita dapat membentuk generasi masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *