Januari 2020 menjadi awal tahun yang dipilih Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul untuk mengadakan Peningkatan Kapasitas Pegawai Surveilans. Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul  sudah menjadi klien langganan Oase Indonesia Madani. Tahun 2020 ini kegiatan yang dipilih adalah Training Aktivasi Hati dan Volks Wagen Tour Magelangan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diawali dengan Training Aktivasi Hati oleh Usep Badruzzaman trainer aktivasi hati. Dalam penyampaiannya beliau selalu mengajak peserta untuk mengedepankan ikhlas dalam setiap melakukan pekerjaannya. Dengan menggunakan simulasi beliau mengajak peserta untuk aktif dalam berinteraksi dengan masyarakat karena peserta berasal dari pegawai survey yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Aktivasi Hati

Di hari berikutnya adalah kegiatan volks wagen tour. Seluruh peserta menikmati tour ini dan berwisata mengelilingi desa kawasan Candi Borobudur semakin menyenangkan dan berkesan dengan pemandangan alam yang masih asri serta melihat langsung kekayaan budaya dan kearifan lokal di desa-desa sekitar candi. Peserta mengitari area Desa Borobudur dan singgah di beberapa lokasi wisata budaya, diantaranya Pawon Luwak Coffee dan Ashfa Madu. Peserta dapat melihat proses pembuatan kopi dan mencicipi salah satu kopi termahal di dunia ini. Peserta semakin antusias saat seorang peternak lebah di Ashfa Madu memamerkan sebuah sarang yang penuh dengan lebah di sebatang pohon yang dibawanya. Terlihat sekali aktivitas VW Tour ini menyebabkan penyebaran keramaian di home industry yang ada di kawasan Borobudur serta wilayah lainnya yang menyimpan potensi wisata. Hal ini tentunya memicu meningkatnya pendapatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang secara produktif menggenjot pertumbuhan ekonomi lokal lewat sektor pariwisata. Inspirasi dari pengalaman berwisata VW Tour ini diharapkan dapat diinternalisasikan ke dalam roda organisasi Dinas Kesehatan Bantul agar semakin produktif di bidangnya.

VW Tour Magelang
VW Tour Magelang

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *