Pengembangan Kompetensi: Hotel Atria Magelang Adakan Talents Mapping Untuk Pegawai

Magelang (31/1/2024), Telah sukses diadakan pengambilan data assessment pegawai Hotel Atria Magelang. Assessment dihadiri dengan sejumlah 45 pegawai. Hotel Atria Magelang bekerja sama dengan LPPT Oase Indonesia (Event Organizer) sebagai pelaksana dalam acara tersebut.

Talents Mapping atau pemetaan bakat berfungsi untuk mengetahui bakat (calon) karyawan. Sehingga, tujuannya menjadi jelas. Ketika memahami apa saja bakat mereka, mudah bagi perusahaan untuk menempatkan posisi yang sesuai.

Hotel Atria Magelang adakan Talent Mapping

Apa saja sih manfaat Talents Mapping? Yuk kita baca dengan seksama penjelasan dibawah ini :

  • Engagement Karyawan

Manfaat pertama yang perlu dipahami adalah mengetahui jalur karirnya. Apakah karirnya akan berkembang di sini. Jika berkembang, apa saja yang akan bisa dilakukannya. Keterlibatan karyawan, baik aktif maupun pasif, menentukan kesuksesan perusahaan.

Dari keterlibatan itulah, pemetaan bakat juga mengetahui seberapa minat karyawan terhadap perusahaan. Nah, dari situlah akan diselaraskan dengan strategi dan visi perusahaan.

  • Identifikasi Karyawan

Satu hal yang harus diketahui dari pemetaan bakat adalah memahami potensi dari kemampuan hingga pengalaman karyawan. Ketika memahaminya, perusahaan pun bisa menempatkan karyawan sesuai bakatnya. Jadi, peran dan tugasnya sesuai dengan bakatnya. Selain itu, bisa pula ditempatkan untuk program dengan jangka pendek.

Namun, selain mengetahui bakat, pemetaan ini penting untuk menelusuri seberapa keinginan karyawan untuk tetap di perusahaan. Sehingga, perusahaan pun tahu bahwa seorang karyawan akan meninggalkan perusahaan atau tidak. Biasanya identifikasi seperti ini dilakukan ketika pertengahan atau akhir tahun.

Hotel Atria Magelang adakan Talent Mapping

  • Perencanaan Kepemimpinan

Bakat tidak melulu soal kemampuan dasar melainkan juga kepemimpinan. Setiap perusahaan pasti memiliki masa untuk pergantian kepemimpinan. Dari yang tua ke muda atau yang sudah berpengalaman untuk naik menjadi pemimpin. Nah, dengan pemetaan bakat, perusahaan dapat mengetahui siapa saja yang mampu menjadi pemimpin.

Selain itu, penting untuk pengembangan karir. Sebab, beberapa perusahaan justru lebih mengutamakan karyawan yang hanya memiliki “akses”. Tentu saja itu akan mempengaruhi kredibilitas perusahaan. Maka dari itu, inilah manfaat ketiga dari pemetaan bakat.

  • Talenta Development

Manfaat keempat yang bisa diperoleh dari pemetaan bakat adalah pengembangan talenta. Ada kebutuhan perusahaan yang bisa diselaraskan dengan karyawan. Maka dari itu, setiap perusahaan biasanya mengadakan capacity building. Ini baik untuk pengembangan kemampuan karyawan.

Dari capacity building, perusahaan pun bisa mengetahui kebutuhan spesifik karyawan baik untuk masa kini maupun masa depan. Selain itu, mengelola karyawan agar tetap konsisten sesuai visi dan misi perusahaan.

  • Mengurangi Waktu Rekrutmen 

Ketika sebuah perusahaan melakukan talent mapping sebenarnya ada keuntungan dari segi biaya. Perusahaan tidak perlu melakukan rekrutmen untuk pencarian karyawan baru. Sebab, pemetaan bakat bisa difungsikan untuk memaksimalkan bakat terpendam dari setiap karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *