POLKESTA Adakan Pelatihan Pelayanan Prima

Magelang (24/11/2023), Telah sukses dilaksanakannya acara Pelatihan Pelayanan Prima Poltekkes Kemenkes Surakarta Jurusan Akupuntur. Acara dihadiri sejumlah 33 pegawai, dilaksanakan di Hotel Atria Magelang. Poltekkes Kemenkes Surakarta Jurusan Akupuntur bekerja sama dengan LPPT Oase Indonesia (Event Organizer) sebagai pelaksana dalam acara tersebut. Acara pada hari ini menjadi momentum yang tepat untuk membangun kedekatan antar pegawai serta meningkatkan motivasi untuk mencapai tujuan bersama.

Berbagai rangkaian kegiatan menarik disiapkan untuk memeriahkan acara, kegiatan dimulai dengan indoor training motivasi yang dipimpin oleh Kang Usep Badruzzaman. Tema yang diangkat dalam indoor training motivasi ialah “Aktivasi Hati”. Sesi “Aktivasi Hati” dimulai dengan meditasi singkat untuk meredakan pikiran dan membuka ruang hati bagi energi positif. Para peserta diajak untuk merenung, mengenali emosi, dan menggali motivasi batin yang mungkin terpendam. Dalam sesi ini para peserta ikut hanyut dalam sesi aktivasi hati.

Acara dilanjutkan keesokan harinya dimulai dengan outbound yang dipimpin oleh instruktur utama. Sesi ini tidak hanya menjadi peluang untuk meningkatkan keterampilan tim dan motivasi, tetapi juga untuk mempererat ikatan di antara seluruh pegawai Poltekkes Kemenkes Surakarta Jurusan Akupuntur. Dalam outbound ini menyajikan beberapa permainan seru bagi pegawai, sehingga peserta diajak untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan membuka diri terhadap pengalaman baru.

Outbound dimulai dengan game save the ball. Dalam save the ball peserta sangat antusias mempertahankan bola diatas dengan cara melambungkannya selama beberapa menit. Games kedua peserta memainkan Voli Pantai, dimana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan setiap kelompok diberi kain untuk menangkap balon air. Games ini peserta dilatih bagaimana bekerja sama untuk melemparkan balon air ke tempat lawan dan mencetak point untuk tim.

Poltekkes Kemenkes Surakarta Adakan Pelatihan Pelayanan Prima

Sebelum melanjutkan ke games ketiga para peserta beristirahat sejenak dan menikmati snack yang telah tersedia. Dan tak lupa para peserta menikmati kelapa muda yang segar untuk menghilangkan dahaga seusai melakukan outbound training. Dan untuk games ketiga peserta memainkan Estafet Bola Pingpong dimana peserta harus bahu membahu menyusun paralon menjadi layaknya lintasan untuk bola pingpong agar dapat jatuh dalam galon yakni garis finish. Lintasan games dibuat sangat banyak halang rintang, dimana hal ini menguji apakah peserta dapat mengatasi rintangan itu sendiri dan dapat menuju garis finish.

Tujuan dalam kegiatan outbound training ini ialah:

  • Peningkatan Kepemimpinan: Outbound sering digunakan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, seperti pengambilan keputusan, komunikasi efektif, pemecahan masalah, dan kemampuan memimpin tim.
  • Peningkatan Kerjasama Tim: Outbound dirancang untuk memperkuat hubungan dan kerjasama dalam tim. Peserta bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan tantangan dan mengatasi hambatan.
  • Pengembangan Keterampilan Karyawan: Outbound dapat membantu meningkatkan keterampilan individu, seperti kemampuan komunikasi, manajemen waktu, resolusi konflik, dan kreativitas.
  • Peningkatan Kreativitas: Melalui tantangan dan aktivitas kreatif, outbound dapat merangsang kreativitas dan inovasi di antara peserta.
  • Pengembangan Budaya Perusahaan: Outbound juga dapat membantu memperkuat budaya dan nilai-nilai perusahaan, sehingga semua anggota tim merasa lebih terlibat dan berkontribusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *