Penyerahan Penghargaan “Juara Lomba Moderasi Beragama”

Surabaya (23/10/2023),  Telah sukses dilaksanakan acara penyerahan penghargaan “Juara Moderasi Beragama” yang bertujuan untuk menghormati individu dan kelompok yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam memajukan moderasi beragama dan memperkuat keharmonisan di masyarakat. BLA Semarang dengan bangga menggelar acara penyerahan penghargaan bagi pemenang Lomba Moderasi Beragama, dengan bekerja sama dengan LPPT Oase Indonesia (Event Organizer) sebagai pelaksana dalam acara tersebut.

Acara dilaksanakan di Ballroom Universitas Airlangga, Surabaya. Acara ini menciptakan momentum yang luar biasa untuk merayakan keberhasilan dan komitmen pemenang dalam mempromosikan moderasi beragama. Melalui upaya mereka, kita diingatkan akan pentingnya membangun dialog positif, menghargai perbedaan, dan menciptakan masyarakat yang inklusif. Acara penghargaan digelar dengan begitu megah dan meriah, dengan dihadiri tamu undangan sejumlah 700 orang.

Moderasi Beragama

Acara dibuka dengan pembacaan doa 6 agama yang dibacakan oleh perwakilan setiap agama. Dilanjutkan dengan pembacaan laporan Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Prof. Dr. H. M. Arskal Salim GP., M.Ag menyampaikan “Kami sengaja mengadakan acara di kampus-kampus perguruan tinggi umum dalam rangka untuk mensyiarkan dan mempromosikan penguatan moderasi beragama, tidak hanya di lingkungan Kementerian Agama tetapi juga di lingkungan perguruan tinggi.” Tak lupa juga Prof. Dr. H. M. Arskal Salim GP., M.Ag juga menyampaikan bahwa “Acara Ekspos ini semoga memberikan feedback yang mencerahkan dan komprehensif terkait bagaimana penguatan moderasi beragama di Kementerian Agama dalam rangka penyusunan RPJMN di tahun yang akan datang.”

ekspos unair

Bahwa pada kesempatan kali ini akan dilaksanakan kegiatan Ekspos Moderasi Beragama serta sekaligus penyerahan penghargaan bagi para pemenang lomba dan kali ini pemenang ada 4 lomba yakni, lomba Rumah Ibadah Moderasi Beragama, Kampung Moderasi Beragama, Sekolah Moderasi Beragama dan Madrasah Moderasi Bergama. Tetapi untuk Lomba Sekolah Moderasi Beragama dan Madrasah Moderasi Bergama akan diadakan di waktu dan tempat lain di Yogyakarta.

Dari sekian tahapan panjang bagi peserta lomba moderasi beragama telah diseleksi dengan begitu ketatnya dengan para jajaran juri yang berkompeten dibidangnya. Dan terpilihlah para juara pada kategori Lomba Kampung Moderasi Beragama dan Rumah Ibadah Moderasi Beragama. Diantaranya sebagai berikut :

Kampung Moderasi Beragama :

  1. Desa Rama Agung, Bengkulu
  2. Dukuh Plumbon Banguntapan, DIY
  3. Desa Budakeling, Bali

Rumah Ibadah Moderasi Beragama :

  1. Vihara Tanah Putih, Semarang Jawa Tengah
  2. Masjid At-Taqwa dan Pura Kalingga, Pekalongan Jawa Tengah
  3. Pura Karanggede, DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *